Rabu, 26 Juli 2017

10 Makanan Sehari-hari Ini Bisa Bantu Lancarkan Pencernaan

Garasi-kesehatan - Sembelit mungkin pernah dialami oleh beberapa orang. Ada yang hanya sekadar sembelit biasa, tapi ada yang akut. Tentunya tidak enak jika pencernaan kita tidak lancar.

Nah, beberapa cara agar pencernaan tetap lancar adalah dengan mengonsumsi beberapa makanan dan minuman yang tepat. Berikut ini Garasi-kesehatan rangkumkan beberapa makanan dan minuman yang dapat memperlancar pencernaanmu.



Buah yang mengandung vitamin C tinggi ini juga berfungsi sebagai antioksidan. Serat asam yang terkandung pada lemon akan membantu melancarkan pencernaan kamu.
 


Pisang mengandung serat dan kandungan mineral yang dibutuhkan untuk memperlancar pencernaan dalam tubuh. Namun, jangan dikonsumsi terlalu banyak. Selain itu, konsumsi pisang yang memang sudah matang. Karena, pisang yang belum matang malah akan menyebabkan sembelit pada tubuh.
 


Buah pepaya memiliki kandungan bernama papain yang dapat membantu melumatkan makanan dan menyerap nutrisi dalam tubuh. Selain itu, pepaya juga kaya akan serat yang dibutuhkan tubuh saat mencerna makanan.



Mengonsumsi jahe dapat menyembuhkan berbagai gangguan usus, pencernaan, mual, dan kembung. Hal ini karena jahe mengandung antioksidan dan gingerol yang membersihkan lambung dari produksi asam berlebih dalam tubuh ketikda sedang stres,
 


Probiotik bakteri yang terkandung pada yoghurt memiliki peran penting dalam melancarkan pencernaan. Bakteri bersahabat tersebut membuat proses pencernaan lancar dan tidak terganggu. Namun, hindari yoghurt yang mengandung banyak gula!
 


Serat dan fiber terkandung dalam sebuah avokad. Serat sangat berperan penting dalam proses pencernaan. Sedangkan, fiber memungkinkan makanan bergerak lebih cepat melalui usus halus dan membantu penyerapan air agar tidak terjadi sembelit.




Kacang-kacangan mengandung serat yang dibutuhkan agar pencernaan lancar setiap harinya. Namun, kamu harus mengimbangi konsumsi kacang ini dengan minum air yang cukup.

8. Apel


Konsumsi 1-2 buah apel sehari, maka pencernaanmu tidak akan terganggu. Apel mengandung serat baik yang dapat membantu kerja usus dalam mencerna makanan yang masuk dalam tubuh. 

9. Bayam


Bayam merupakan salah satu sumber terbaik dari magnesium. Magnesium sendiri berfungsi untuk membantu kinerja usus dan menyerap air untuk melembabkan saluran pencernaan.

10. Buah Beri


Beri adalah buah-buahan yang kaya antioksidan. Buah ini juga mengandung banyak serat makanan yang membantu meredakan gangguan perut setiap harinya.

Beberapa jenis makanan dan minuman di atas dapat membantu perlancar pencernaan kamu. Semoga setelah mengonsumsi makanan tersebut, segala macam sembelit hilang!



SUMBER : WWW.GARASIGAMING.COM
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar