Jumat, 05 Mei 2017

Penyebab Leher Sakit Jika Ditekuk

Jakarta, Leher saya sakit kalau ditekut. Saat sakitnya kumat, selalu lama sembuhnya Dok. Namun saya sudah medical check up 2 kali. Pertama kolestrol, gula darah, tensi, diabetes normal, namun asam urat 7,7.

Pengecekan kedua, kolestrol 231, temsi rendah, gula darah normal. Padahal saya cukup rutin olahraga dan selalu menjaga pola makan. Secara genetik ortu saya tidak ada kolestrol. Apa penyebab nya ?

Tri (laki-laki, 25 tahun)

Jawaban :

Leher sakit boleh jadi karena terlalu lama berada di depan komputer, posisi duduk yang tidak ergonomis, terlalu lama membaca, salah posisi tidur, sering terkena paparan angin atau AC. Jadi leher sakit tidak selalu disebabkan karena kolestrol tinggi.

Menurut pelbagai literatur medis, Leher sakit boleh jadi disebabkan oleh karena :
  1. Penyakit inflamasi atau peradangan (seperti artritis reumatoid, spondiloartopati, juvenile reumatoid artritis dsb)
  2. Penyakit non-inflamasi atau bukan peradangan (misalnya osteoartritis servikal, nyeri leher diskogenik, fibromialgia atau nyeri miofasial, hiperostosis skeletal idiopatik difus, dsb)
  3. penyebab infeksius (contohnya meningitis, osteomielitis, diskitis infeksius, dsb )
  4. Neoplasma atau keganasan (berupa primmer atau metastasis)
  5.  Nyeri alih atau referred pain (semisal nyeri kardiak,nyeri sendi temporomandibular, iritasi diafragmatik, bersumberlam daro gastrointestinal berupa ulkus lambung, pankreas, kantung empedu) 
Baiklah, sekarang kita bahas sedikit tentang kolestrol.

Kolestrol tinggi (lebih dari 200 mg/dl) di dunia kedokteran di istilahkan sebagai hiperkolesterolemia. secara empidemiologi, kejadian hiperkolesterolemia adalah kegemukan (BMI lebih dari 30Kg per meter persegi), kurang berolahraga, diet kaya akan lemak tersaturasi dan kolestrol, keturunan, dan genetik.

yang dimaksud dengan faktor genetik ini bukan sekedar orangtua tidak punya riwayat hiperkolesterolemia, melainkan ada kelainan genetika pada diri seseorang.

Proses genetika yang terjadi pada kasus familial hiperkolesterolemia (FH) adalah disebabkan oleh defek pada gem yang mengkode reseptor LDL, dimana lebih dari 700 varian alel telah terindentifikasi. FH juga dapat merupakan hasil dari mutasi pada gen.

Apolopoproterin B-100 (APOB) atau gen proprotein convertase subtilisin/kexin tipe 9 (PCSK9). Sekedar diketahui, FH adalah gangguan lipoprotein yang tersering dijumpai (1 dari 500 populasi kaukasian).

Diagnosis dini bermanfaat untuk mengurangi risiko terjadinya atherosclerosis. Uji atau screening anggota keluarga dari index case sangatlah efektif dari sisi pembiayaan (cost-effective).

Pencegahan secara umum, melakukan diet antikolestrol yang dianjurkan dokter, berolahraga secara teratur, perbanyak minum jus buah (naga, belimbing, timun, bengkuang, pir, anggur, apel, boleh dikombinasikan), mengatur berat badan. Tentunya smeua ini memerlukan kepasrahan diri secara total kepada allah. sebab sumber penyakit itu bermula dari disfungsi hati, jiwa, pikiran, dan perut.

Dengan gaya dan pola hidup sehat, serasi , seimbang, selaras, maka niscaya tubuh kita senantiasa bugar dan terbebas dari semua keluhan dan penyakit.

Salan sehat dan sukses selalu.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar